Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Lomba Cipta dan Festival Lagu Anak-Anak 2014 (Pengumuman)
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 
Berita Utama
Bakohumas Dukung Pekan Produk Kreatif Indonesia 2013
11-Nop-2013 15:00

Karya kreatif sedang mengalami perkembangan ke arah yang positif melalui kiprah start up. Hal tersebut ditandai dengan semakin banyak komunitas kreatif dan inkubator yang bermunculan, serta semakin marak diadakan lomba-lomba bidang terkait. Melihat geliat kreatifitas yang kian melaju pesat ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama 17 Kementerian dan Lembaga menyelenggarakan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2013.

PPKI 2013 adalah penyelenggaraan yang ke 8, selama beberapa tahun kurang terdengar di kalangan masyarakat kreatif maupun masyarakat umum, melalui event Indonesia Creative Power 2013 merupakan ruang kreatif akbar yang difasilitasi oleh Negara membuka peluang bagi masyarakat kreatif Indonesia untuk saling asah, asih, asuh dalam saling memperkaya wawasan dan pengetahuan sebagai kunci daya saing kreatifitas bangsa Indonesia di tengah kedinamisan perubahan global ini akan diadakan untuk kedua kalinya selama 5 hari yaitu pada 27 November – 1 Desember 2013 bertempat di Epiwalk Kuningan, Jakarta Selatan.

Indonesia Creative Power (ICP) merupakan tema besar PPKI yang sudah digunakan dalam dua tahun terakhir dengan sub tema tahun ini “Yang Kreatif Yang Berdaya Saing”. ICP akan dibuka oleh pertunjukan seni dan diresmikan oleh Presiden RI, selama berlangsungnya akan diisi dengan 29 mata acara konvensi, 106 group pengisi acara gelar seni budaya, 219 booth yang menampilkan karya kreatif dan 7 acara pendukung.

Event besar interaksi anak bangsa di bidang ekonomi kreatif ini memerlukan perhatian semua pihak agar bisa terdengar gaungnya dan menguasai pasar dalam negeri, maka diperlukan peran serta berbagai pihak untuk ikut menyuarakan mengenai penyelenggaraan ICP. Terkait hal tersebut, maka pihak-pihak yang akan menjadi bagian sarana publikasi khususnya dari Kementerian/Lembaga Pemerintah perlu mendapat pemahaman secara menyeluruh juga mendalam mengenai informasi terkait PPKI.

Mendukung event tersebut Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Forum Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) menyelenggarakan Seminar Sosialisasi Pekan Produk Kreatif Indonesia 2013. Bakohumas merupakan wadah pemersatu bagi institusi humas kementerian atau lembaga pemerintahan R.I. melalui pertemuan ini diharapkan perwakilan humas kementerian dan lembaga pemerintahan selanjutnya meneruskan informasi tersebut melalui sarana penyebarluasan informasi yang dimiliki di masing-masing instansi. Kegiatan diadakan pada Senin, 11 November 2013, bertempat di Hotel Grand Alia, Jakarta dan dihadiri 31 perwakilan kementerian dan lembaga.

 “Pemerintah memegang peran penting dalam memamerkan produk yang dibuat oleh start up. Untuk itu, langkah Kemenparekraf dalam memberikan fasilitas yang dibutuhkan antara lain : pusat kreatif berupa kantor bersama, pelatihan pengembangan produk, pelindungan HKI, ruang ekspresi, akses pembiayaan dan lainya dinilai sebagai langkah pengembangan yang tepat,” kata perwakilan Bakohumas, Helmi Saleh.

Terkait hal tersebut, maka dibutuhkan dukungan dan peran seluruh pihak terkait agar pengembangan industri kreatif tersebut dapat berlangsung optimal. Selain itu, juga dibutuhkan iklim yang memungkinkan terjadi aksi-aksi pengembangan seperti yang dilakukan dalam penyelenggaraan PPKI sekarang ini, lanjut Helmi,

Sedangkan menurut Sekjen Kemenparekraf Ukus Kuswara, bahwa gaung PPKI yang diadakan sejak tujuh tahun terakhir dan mulai tahun lalu telah memposisikan Kemenparekraf sebagai leading sector, menjadikan 15 sektor ekonomi kreatif yang digaungkan tersebut dapat menjadi ‘wabah’ baru akan terus berkembang. Kontribusi dan peran penting insan kreatif dalam rangka memajukan perekonomian bangsa melalui sector yang digeluti menjadikan ajang seperti PPKI ini perlu ditangani secara serius dan berkesinambungan.

“Berdasarkan pengalaman tahun lalu, kami mencatat sejumlah hal yang perlu mendapat perhatian khusus dalam penyelenggaraan PPKI sekarang dan di tahun-tahun mendatang. Kekurangan-kekurangan tersebut, antara lain : kurang dukungan Bakohumas, pesan kegiatan tidak diterima dengan baik, media kurang memahami mengenai PPKI dan ekonomi kreatif, waktu publikasi sangat singkat, informasi di media tidak menarik dan tidak terjadi komunikasi interaktif antara pelaku dengan masyarakat. Ada baiknya, kelemahan ini menjadi bahan koreksi bagi kita semua sehingga target  85.000 pengunjung, 1000 orang kreatif, 300 peserta pameran produk kreatif, 15 booth icon kreatif, 10 juta awak media dapat tercapai,”jelas Ukus Kuswara.

Sementara itu, Staf Khusus Menparekraf  Bidang Perencanaan dan Program  Cokorda Istri Dewi menjelaskan bahwa penyelenggaraan  PPKI tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya, dimana acara temu kreatif akan diadakan lebih banyak dan beragam mencakup 15 sub sektor ekonomi kreatif.

“Indikator kesuksesan PPKI 2013  adalah jumlah pengunjung yang ditargetkan tercapai. Pesan yang ingin disampaikan dalam kegiatan PPKI tahun ini adalah ingin mengedepankan daya saing Bangsa Indonesia dan untuk berkelanjutan kualitas hidup Bangsa Indonesia khususnya dalam bidang seni,” lanjutnya.

Melihat perhatian dan antusiasnya peserta forum Bakohumas dalam seminar ini, diharapkan dari pemahaman dan pengetahuan yang diterima dapat memberikan kontribusi untuk penyebarluasan  informasi demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan PPKI (ICP) 2013. (Puskompublik)

Tourist Statistik

Fokus Berita
Pameran Kriya Seni Indonesia Wood & Good : Kriya Kayu Kontemporer Indonesia
Siaran Pers : Kota Tua Creative Festival 2014 Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif
Perwujudan Kota Tua Di Masa Datang : Kota Kreatif
Selengkapnya...
Kinerja
Laporan Pooling Information Center s.d. Tanggal 24 Juli 2014
Laporan Akuntabilitas Kinerja Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Tahun 2013
Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekretariat Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2013
Selengkapnya...
Pengumuman
Pemenang Lomba Cipta dan Festival Lagu Anak-Anak 2014
Call For Paper Seminar Nasional 2014
Lomba Cipta dan Festival Lagu Anak-Anak
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism and creative economy. All rights reserved